Music recording…

steinberg Nuendo

Nuendo 3

Pada edisi ini,saya akan mulai memberikan penjelasan untuk penggunaan salah satu software perekaman terkemuka dunia yang banyak digunakan pada proses perekaman musik dan suara. Software perekaman yang diproduksi oleh Steinberg Gmbh ( pabrikan software musik asal Hamburg, Jerman ) ini bernama NUENDO, dan NUENDO 3 ( versi 3 ) lah yang akan kita perkenalkan kepada para pembaca sekalian. “Kenapa kok Nuendo 3 ?. Kok gak yang lain kayak CakeWalk, Sonar, Reason, dan temen-temennya?.. ”.

Jawabannya mudah. Karena Nuendo 3 adalah software perekaman yang mempunyai engine perekaman yang berkualitas bagus, juga salah satu high end brand untuk proses Mixing & Mastering rekaman, dan pastinya mudah pengoperasiannya. That’s all..

Spesifikasi Komputer Untuk Installing Nuendo 3

Cara menginstall Nuendo 3 cukup gampang. Pertama-tama kita harus mengetahui spesifikasi dari komputer yang akan digunakan. Spesifikasi minimal dari komputer yang disarankan oleh Steinberg untuk installing Nuendo 3 ini adalah minimal: • Processor : Pentium 1,6 GHz atau Athlon Processor • Operating System : Windows XP Home atau Windows XP Profesional • RAM : 512 MB • Resolusi Monitor : 1024 x 768 • DVD ROM drive

Creating The New Project

Setelah spesifikasi komputer terpenuhi maka proses dilanjutkan ke installing Nuendo 3 ke komputer. Nah Nuendo 3 sudah terinstall dengan OK. So..Mari kita mulai menuju ke inti bahasan kita yaitu bagaimana seh sebenernya membuat project ( merekam ) pada Nuendo tuh. Sebelum kita mulai untuk melakukan proses perekaman dengan Nuendo 3, kita memerlukan sebuah lembar kerja. Yang perlu dilakukan untuk membuat lembar kerja pada Nuendo 3 adalah

5. Buat folder project kamu pada salah satu direktori (contoh : my home recording) dengan memilih menu “ Create “, kemudian buat folder lagi untuk lagu pertama yang akan kamu buat, lalu klick “ OK “ (gambar 4). 6. Selanjutnya pada toolbar “ Project “, pilih “ add track “, dan klik pada menu “audio” 7. Kemudian tentukan chanel konfigurasi yang ingin kamu buat, “ mono “ atau “stereo”. 8. Setelah itu, “ Audio track “ kosong akan tampak pada project window.


Cuma mau share aja…ne software enk juga buat ngtrek (ngrekam)…pengoprasiannya gampang banget bisa dipelajari senidi kok…

cuma kalau mau export file yang udah jadi, meski install tambahannya lagi namanya : lame for audacity…

tinggal search aja di google…gampang, downloadnya gratis juga…^_^

silahkan coba…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s